Awal Ramadhan 1433 Hijriah

Alhamdulillah,hari ini sabtu 21 Juli 2012 saya dan seluruh umat muslim di Indonesia sampai pada 1 romadhon 1433H.Keputusan pemerintah menetapkan awal romadhon pada hari ini dikarenakan tidak tampaknya hilal (bulan muda) pada hari kamis kemarin,hingga akhirnya digenapkanlah bulan sya'ban menjadi 30 hari,hal ini berbeda dengan PP Muhammadiyah yang telah menetapkan awal romadhon pada 20 Juli 2012.Tapi tampaknya hal tersebut tak menyurutkan niat umat muslim di Indonesia untuk menayambut datangnya bulan suci romadhon dengan sukacita.
Bagi saya yang baru menjalani puasa hari ini,tampaknya menjadi berkah tersendiri untuk saya,selain karena awal puasa tahun ini yang jatuh pada hari sabtu,saya juga sedang belajar menanamkan kembali suasana kentalnya romadhon kedalam hati saya.Biarpun hari ini saya akan kerja lembur,semoga aja puasa nggak membuat saya bermalas-malasan untuk bekerja,semoga saja semangat romadhon yang saya bawa hari ini bisa membuat orang-orang disekitar saya ikut terbawa suasana positif saya.
Jam masih menunjukkan pukul 02:20 ketika seorang teman membangunkan saya untuk sahur.Yah,semenjak saya bekerja di luar kota dan tinggal di mess karyawan,untuk sahur saya harus bangun lebih awal buat beli makanan ataupun kopi agar tak kehabisan.Tapi untungnya pagi ini sepupu saya telah masak nasi,dan akhirnya saya hanya beli lauk di warteg langganan saya.Sahur bareng temen-temen yang lagi jaga malem bakal jadi satu hal rutin yang insyaallah saya jalani untuk satu bulan kedepan.Sholat subuh berjamaah di masjid mujahidin Pamulang jadi kegiatan berikutnya,mendengarkan kultum,setelah itu kembali ke mess karyawan dan nge-blog jadi agenda saya.
Kalo masuk bulan puasa kayak gini,gw jadi inget acara-acara iseng gw gue sewaktu masih di SMA.Tiap pagi sehabis sahur,gw keluar rumah buat sekedar nyari angin segar ama ngumpul bareng temen gw sekalian sholat subuh berjamaah di mushola kecil yang ada di dusun gw tercinta.Kegiatan pagi usai sholat subuh,gw jalan-jalan di sekitar kampung gw buat nikmatin segarnya udara pagi khas daerah pegunungan (biarpun kampung gw bukan pegunungan,tp suasana berangin tiap memasuki bulan Juli-Agustus membuat kampung gw dingin serasa di pegunungan).Satu hal yang khas dan hanya ada tiap bulan puasa adalah bunyi petasan yang selalu menghiasi acara jalan pagi kami,yah biarpun petasan dilarang dijual oleh pemerintah kerena bisa menimbulkan bahaya,ada saja oknum yang menjual petasan untuk mencari untung.
Usai jalan pagi,gw mandi dan bersiap untuk berangkat sekolah tanpa sarapan (puasa soalnya),sampai di sekolah kegiatan belajar jadi keseharian gw.Sebagai anak yang rajin,taat,dan ganteng tentunya *yan terakhir jangan dipikirin dalem2* gw belajar semua hal yang diajarkan bapak dan ibu guru,gw paling suka sama pelajaran kesenian,apalagi kalo belajar menggambar perspektif interior.Entah apa yang membuat gw suka sama bab menggambar interior *bakat arsitek kali* tapi yang jelas tiap kali pelajaran itu gw selalu berusaha dapet nilai bagus.Padahal kalo diliat trek record gw,dari sd sampe lulus smp nilai kesenian gw paling jeblok diantara mata pelajaran yang lain.
Ada pelajaran khusus yang hanya dilakukan ketika bulan puasa disekolah gw,yakni ngaji Al-Quran dan Hadits,yaa biarpun bukan mata pelajaran wajib dihari biasa,Al-Qur'an dan Hadits selalu menarik untuk dipelajari lebih mendalam.Selain itu,tadarusan juga menjadi kegiatan wajib disekolah gw tiap kali romadhon.Malemnya,diadakanlah acara buka bersama dan sholat taraweh.
kayaknya cukup itu aja cerita gw menyambut romadhon kali ini,dan cukup pula cerita singkat masa muda gw,lainkali gw cerita lagi kalo emang sedang nge-blog.
Wassalamualauikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Komentar
    Blogger Comments
0 komentar:

Posting Komentar