Apa Sih Yang Kita Dapat Kerika Marah ?



Menurut yang gue kutip dari wikipedia,marah adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin.Kalo menurut gue,marah itu merupakan suatu bentuk ungkapan dari rasa ketidakpuasan akan sesuatu yang dikehendaki orang tersebut.

Dalam ajaran agama yang gue anut,ketika seseorang sedang marah dan memuncak emosinya,maka pada saat itulah setan merasuki hatinya dan membisikkan hal-hal yang ingin ia lampiaskan kepada orang-orang disekitarnya.Ketika seseorang sedang marah,nafsu (kareping rahsa)nya menguasai seluruh fikirannya,ia sama sekali tak menggunakan nuraninya untuk meredam amarahnya.Refleks setiap orang ketika sedang marah pun berbeda-beda,bisa ditunjukkan dengan raut mukanya,tutur katanya,gerak-gerik tingkahlakunya,ataupun terkadang ungkapan dengan melempar dan merusak barang-barang yang ada disekitarnya.

Oleh karena setan menguasai hati manusia yang marah,maka Rasulullah mengajarkan umatnya untuk senantiasa beristighfar memohon ampunan kepada Allah SWT,serta memohon perlindungan dari godaan setan yang terkutuk. Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam juga pernah menasihatkan, “Apabila salah seorang dari kalian marah dalam kondisi berdiri maka hendaknya dia duduk. Kalau marahnya belum juga hilang maka hendaknya dia berbaring.” (HR. Ahmad, Shohih)
 
Dahulu ada juga seorang lelaki yang datang menemui Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan, “Wahai Rosululloh, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka.” Maka beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.” (HR. Thobrani, Shohih).

Sesungguhnya marah hanya akan menambah berat kerja jantung kita untuk memompa darah,mempersempit jalur darah kita,yang ujung-ujungnya bisa berimbas pada daya kerja otak kanan kita.Penyakit-penyakit seperti stroke,tekanan darah tinggi,gagal jantung seringkali dikaitkan dengan tingkat kontrol emosi seseorang.

Semakin sering anda marah semakin sering pula anda akan terisolasi dari lingkungan sekitar anda dan menganggap anda sebagai orang yang temperamental. Dalam interaksi sosial,hal-hal sensitif yang dapat memicu efek kemarahan seringkali dihindari dan di tabu kan agar tidak terjadi hal-hal yang menganggu ketentraman dan ketenangan lingkungan.

Tapi menurut gue,kemarahan yang langsung ditumpahkan seketika akan lebih baik dibandingkan kemarahan yang terus dipendam dalam hati,ibarat bom waktu,kemarahan yang tersimpan dapat menimbulkan efek domino. Ibarat mengaduk air yang telah mengendap,endapan akan tercampur kembali dengan air bersih. Dan itu semua yang sebenernya gue rasain ketika marah,kalo udah reda dan adem,kadang gue mikir buat apa sih gue marah-marah,toh nggak ada untungnya buat gue ! Kadang kalo lagi ngelamun pas abis marah-marah,rasanya pengen ketawa waktu inget apa yang diomelin.So,seberapa sering sih lo marah ? Apa sih yang sering bikin lo marah ? jangan mudah terpancing,tahan emosi ! coba deh baca nasihat om Mario Teguh ini :
Engkau yang hatinya sedang dipanaskan oleh kemarahan,
katakanlah ini …
Tuhanku Yang Maha Penyabar,
Sejukkanlah hatiku saat perendahan dan penghinaan menderaku,
lumpuhkanlah mulutku saat aku marah,
dan jelaskanlah gambaran dalam pengertianku
tentang dampak buruk dari kemarahan yang aku liarkan. Tuhanku, bantulah aku untuk tidak melukai diri dan sesamaku,
karena ketidak-mampuanku untuk mengendalikan kemarahanku.
Ajarilah aku untuk menyampaikan kemarahanku dengan anggun.
Tuhan, damaikanlah hidupku.
Semoga dengan kepatuhanku kepadaMu untuk menyabarkan diri,
Engkau naikkan derajatku beberapa tingkat,
dan Engkau baikkan rezekiku beberapa derajat.
Aamiin


Sumber Gambar : ciricara.com

Kamu kok marah-marah mulu sih, sini sama om. -*****-Kampret, ngapa ni orang bisa nongol.

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Komentar
    Blogger Comments
0 komentar:

Posting Komentar