Si Merah siap Menatap Eropa

Mumpung malem minggu gue mau cuap-cuap masalah sepakbola dan tulisan gue ini adalah yang pertama bertema sepakbola di blog ini. Daaan tim yang gue pilih buat edisi spesial ini adalah tim kesayangan gue dari tahun 2005, Liverpool FC.

Liverpool FC adalah tim sepakbola asal kota pelabuhan Liverpool, tim berjuluk The Reds/ The Kop ini bermarkas di Anfield Stadium yang berkapasitas 45.276 penonton. Sejarah panjang telah ditorehkan tim ini semenjak era lahirnya liga sepakbola Inggris. Tercatat 19 tropi liga dan 5 tropi liga champion Eropa tersimpan rapi di Lemari kaca klub. Pertama kali gue liat Liverpool main yakni pas final liga champion Eropa 2005 ketika berhadapan dengan AC Milan. Tertinggal 3 gol di babak pertama, tim yang kala itu dibesut Rafael Benitez mengamuk dan balik menyarangkan 3 gol di gawang AC Milan, hingga akhirnya perpanjangan waktu dan adu penalti dilakukan dan yang bikin gue kagum sekaligus heran tim ini bisa jadi juara padahal udah "digebukin" di babak pertama. Sampe sekarang, makin menjadi-jadi kefanatikan gue.

Squad Liverpool ketika Juara Liga Champion Eropa 2004/2005
Liverpool di tahun 2005 punya squad yang solid mulai dari lini belakang sampai barisan penggedor. Tercatat ada John Arne Riise,Jamie Carragher,Sami Hypia,Steve Finnan, di lini belakang, lini tengah mereka diperkuat Xabi Alonso yang saat ini menjadi pengatur serangan Real Madrid, Steven Gerrard, Harry Kewell, Dietmar Hamman. Lini depan Liverpool kala itu sangat mentereng karena diperkuat penyerang handal pada masa itu, ada Milan Baros, Djibril Ciise,Fernando Morientes dan Luis Garcia.

Dan tampaknya pada musim ini bisa gue lihat barisan depan Liverpool adalah penyerang terbaik EPL. Lihat saja betapa menghancurkan ulah Luis Suarez dan Daniel Sturridge yang bercokol di puncak topskor. Lini tengah masih dipegang sang captain yang ikut mengangkat tropi champion 2005, Stephen Gerrard, dibantu oleh Lucas Leiva dan terkadang Jordan Henderson makin memaksimalkan perannya, itupun belum temasuk 2 winger muda nan menakutkan, Philipine Coutinho dan Raheem Sterling. Namun kesempurnaan tak pernah ada, hebatnya lini depan dan tengah tak diiringi lini belakang yang memuaskan, Kolo Toure dan Marten Skertel tercatat seringkali melakukan blunder. Kehilangan Jose Enrique dan Daniel Agger yang tengah dibekap cidera terlihat membuat lini pertahanan Liverpool keropos meskipun sang manager Brendan Rodger membeli Mammadou Sakho dan Aly Cissoko. Beruntunglah Liverpool memiliki penjaga gawang handal asal Belgia, Simon Mignolet dengan penampilan gemilangnya dibawah mistar gawang.

Berkat penampilan menawannya di kancah EPL, 5 pemain Liverpool dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris kala menghadapi Denmark dalam laga ujicoba rabu kemarin. Hari yang sangat baik bagi duo Liverpool, Raheem Sterling yang berhasil memberi asist yang berhasil dimanfaatkan Sturridge menjadi satu-satunya gol di laga itu.

Hingga pekan ke-28 Liverpool masih menguntit Chelsea yang berada di puncak dengan selisih 4 poin,sementara itu Arsenal masih mengancam dengan poin sama yakni 59 hanya saja kalah produktivitas gol. Sementara itu tim kaya Manchester City berada di posisi ke-4, meskipun begitu City punya tabungan 2 partai.

Rubrik baru NotaGila yang Menyajikan Profil Tim-Tim Elit Sepakbola Eropa kini ada di rubrik Olahraga

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

1 komentar:

  1. Pecinta bola yah mas, hhehe. saya pribadi tidak begitu paham, sesekali sekedar ikut-ikutan nonton, itupun nontonnya gak full. hhehe. tapi seru kalau melihat teman-teman nonton bola, rame sekali, dengan teriakan-teriakan penuh greget :D

    BalasHapus