Trotoar, Memupuk Kesabaran Dalam Perjalanan

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan. -Wikipedia-
Minggu pagi kemarin disela kesibukan (tidur), saya menyempatkan diri untuk jalan jalan pagi sekalian nyari sarapan nasi uduk sekalian nyepikin mbak mbak nggemesin. Bermodalkan sepeda fixie baru-tapi-bekas saya, langsung ngacirlah saya menuju tempat memanjakan perut. Sesampainya di warung nasi uduk, saya yang sedari berangkat tadi semangat pol-polan karena udah ngebayangin bakal ada mbak mbak cantik lagi sarapan langsung buyar semangat dan nafsu makan saya begitu ngeliat ternyata warung nasi uduk dipenuhi ibuk ibuk, aaakkk.. Tapi karena tuntutan perut, nasi uduk tetep saya pesen.

Nasi uduk
Dengan semangat seadanya, dengan tatapan nanar, saya menghapiri nasi uduk, saya raih piring nasi uduk dari si ibuk penjual. Dengan pelan dan khidmat sendok mulai saya angkat dan suapkan ke mulut. Aaarrggh, mungkin jika ada mbak mbak manis didepan saya, perjuangan sarapan saya nggak akan seberat ini. Diiringi segelas teh hangat, suapan terakhir sesendok nasi uduk telah saya lahap, toh nafsu makan boleh buyar tapi sepiring nasi uduk harus tetep tandas.-_- motto macam apah ini, bajigur.

Puas dengan nasi uduk, saya langsung pindah tempat, tujuannya sih nongkrong di lapangan kantor walikota Tangerang Selatan. Sekedar ngasih info, tiap hari sabtu dan minggu pagi di lapangan kantor walikota selalu penuh dengan orang yang berolahraga, entah itu jogging, bersepeda sampe taekwondo dan pencak silat. Tujuan utama saya sih teuteup, nyari yang seger seger. hahahaha

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=519558991440245&set=pb.100001584457727.-2207520000.1425230672.&type=3&theater
Kantor Walikota Tangerang Selatan

Saya ngapain ? nongkrong dan ngopi, kurang nikmat apa hidup saya cobak ? sarapan sudah, ngeliatin mbak mbak jogging sudah, ngopi sudah, tinggal nikah doang yang belum. helah, malah curhat.

Saya tengok handphone saya, jam 09:00, saya bayar kopi dan siap siap pulang.

"Aah, mumpung masih pagi dan hari minggu, muter muter dulu lah" begitu pikir saya.

Langsung saja saya genjot sepeda fixie saya, dan SEPRAAAAIIISEESSS aslinya nggak surprise banget sih, saya dapet hadiah disepanjang jalan saya pulang.

ini dia hadiahnya, Trotoar Rusak

ini dia hadiahnya, Trotoar Rusak
Sebenarnya bukan hal aneh sih untuk ngeliat trotoar rusak, tapi trotoar yang satu ini istimewa banget, bagaimana tidak istimewa, trotoar yang berada di Jl.Siliwangi (di seberang tempat tinggal saya) ini sudah beberapa kali diperbaiki dan selalu sama hasilnnya, rusak.

Bicara masalah kenyamanan, tentu saja kenyamanan bukan hal yang bisa didapat kalau lagi jalan di tempat ini, lha wong selain rusak trotoarnya, selokan yang berada disebelah trotoar itu baunya busuk minta ampun. Enak kan ? sudah zona jalan kakinya rusak, masih pula harus berjalan berdampingan dengan selokan berbau busuk.

Trotoar memang jadi dilema, fungsi yang seharusnya digunakan oleh pejalan kaki terkadang juga harus rebutan dengan fungsi tata kota. Fungsi tata kota yang bagaimana ? Begini, untuk mendukung program Ruang Terbuka hijau, pemerintah kota melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) meletakkan pot-pot berukuran besar di sepanjang trotoar di Jl.Siliwangi Pamulang. Hijau dan sedep dipandang sih, tapi pejalan kaki harus siap kemungkinan diserempet oleh kendaraan bermotor.

Pot nya punya double job

Pot nya punya double job
Selain pot, adanya jembatan penyeberangan juga saya anggap menutup trotoar. Lha wong pondasi dan tiang jembatannya ditaruh full di trotoar kok, jadi yah abis ruang di trotoarnya, jadi kalo pejalan kaki mau l;ewat harus sedikit 'uji nyali' dengan nyemplung kejalan raya. Dan apesnya jembatan penyeberangan ini cuma jadi pajangan manis di depan kantor walikota, serta jadi ruang bagi bocah bocah tolol nggak ngerti seni tukang corat coret nama almamaternya.

Ruang terbuka hijau dengan meletakkan pot tanaman bukan ide buruk kok, hanya saja kalo nggak efektif dan mengganggu ngapain dilanjutin. Saya bukannya tidak mendukung adanya pot pot ini, tapi saya lebih mendukung penanaman pohon mahoni di tengah ruas jalan, mungkin sekarang belum terasa manfaatnya, tapi 5 atau 10 tahun mendatang sampean yang lewat di Jalan Siliwangi Raya Pamulang bakal disuguhi deretan pohon rindang nan hijau. Adem bukan ?

Saya bukannya mengolok-olok kebijakan pemerintah lho, ini hanya kritik yang mungkin saja bisa diperbaiki Pemkot Tangerang Selatan setelah adanya tulisan ini.
  "Dirimu saja kau rawat dan kau jaga, lingkunganmu kapan ?" -Pak Matrokim, Petugas Kebersihan Jl.Siliwangi Pamulang-

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Komentar
    Blogger Comments
0 komentar:

Posting Komentar