Hiburan Yang Kau Sajikan Untuk Anak-Anakmu

     Upin ipin dan Si Unyil, serial hiburan anak-anak yang bisa dikatakan merajai dunia hiburan anak-anak Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Dalam kemunculan perdananya di layar kaca, serial si Unyil bisa dikatakan menjadi salah satu ikon Indonesia. Dengan peran utama Si Unyil yang memiliki rasa keingintahuan atas satu hal baru, Pak Raden yang tegas dan berwibawa dengan kumis sebagai ciri khasnya, tak lupa karakter Pak Ogah yang selalu membawa guyonan-guyonan segar dalam setiap kemunculannya. Dalam kemunculan tokoh Pak Ogah khususnya selalu diiringi dengan ciri khasnya yang selalu lekat dihati para penggemarnya yaitu 'cepek dulu dong !', yang kala itu bisa dikatakan menjadi bahan guyonan yang tenar. Namun,seiring perkembangan zaman,tontonan Si Unyil dianggap telalu monoton dalam tayangannya, dan mulai kehilangan penggemarnya.

     Dalam masa transisi itulah muncul berbagai serial animasi yang merebut hati penggemar animasi di Indonesia, khususnya kalangan anak-anak. Animasi buatan Jepang, Amerika, Australia, India, Rusia bahkan Negara tetangga Malaysia masuk dan merajai sektor dunia hiburan anak-anak di Indonesia.

     Mungkin dari sekian banyak animasi yang malang melintang di Indonesia itu yang baru-baru ini booming di pasar animasi Indonesia adalah serial animasi dari negeri jiran yaitu Upin dan Ipin. Dibangun dari sosok karakter kembar yaitu upin dan ipin, serial ini menyajikan hiburan yang lebih fresh dan sanggup menyaingi kepopuleran Si Unyil. Dengan polah tingkah lucu dan menggemaskan,tak perlu waktu lama bagi serial ini untuk merajai pasar animasi Indonesia,yang semula dikuasai animasi dari negeri sakura dan negeri Paman Sam. Bahkan ciri khas yang dibuatnya mampu mengalahkan slogan Pak Ogah dengan cepek dulu dong-nya, ciri khas itu adalah kata yang selalu dikeluarkan si adik yaitu ipin yang sering mengucap kata 'betul,betul,betul'.

     Di telinga kita, kalimat tersebut sangat simple, namun dengan ucapan khas yang diucapkan dengan nada menggemaskan itulah serial ini merebut hati konsumen animasi Indonesia. Animasi garapan Les Copaque ini benar-benar menenggelamkan kepopuleran Si Unyil.

     Bak kebakaran jenggot, penggarap Si Unyil melakukan modernisasi pada karakter garapannya tersebut, mulai sedikit pengubahan pada sikap karakter utama menjadi lebih luwes, konsep pun ikut diubah. Konsep yang semula hanya memfokuskan karakter bermain indoor layaknya Sesame Street pun, kini diubah menjadi konsep yang lebih kreatif, inovatif,dan dinamis.

     Salah satu tindakan nyata adalah dengan diorbitkannya tayangan Si Unyil vesi baru yakni Laptop Si Unyil yang ditayangkan di Stasiun TV Trans7. Dengan garapan lebih matang,tayangan baru Si Unyil lebih menarik dibanding edisi lamanya, dalam edisi baru ini Si Unyil dengan laptopnya menyajikan hal-hal menarik disekitar kita.

     Dengan isi tayangan yang lebih Indonesia, Si Unyil kembali meramaikan persaingan industri hiburan anak di Indonesia. Dan memang tak rugi kalau penggarap Si Unyil ini meluncurkan produk barunya, dengan memberikan pengetahuan lebih yang disukai anak-anak

     Si Unyil tak hanya menjadi hiburan di waktu senggang namun juga menjadi tempat untuk mengetahui hal yang selama ini banyak orang tak tahu. Tak mau kalah dengan Si Unyil, Upin dan Ipin pun membuat sebuah terobosan dengan menggarap sebuah film layaknya animasi Hollywood. Dan tak sia-sia rasanya, karena dengan film ini Upin dan Ipin berhasil menyabet beberapa penghargaan di kawasan Asia.

     Lepas dari hegemoni Unyil dan Upin Ipin, dunia animasi Indonesia melahirkan karakter Adit & Sopo Jarwo serta Keluarga Somat yang tak kalah pamornya jika dibandingkan dengan animasi buatan luar.

     Kini perang jualan pun terjadi di pasar animasi Indonesia, orang-orang 'di balik layar' tak hanya dituntut memberikan hiburan namun juga memberikan manfaat dari apa yang ditayangkannya. Kebijakan Orangtua dalam memilihkan anaknya tontonan pun kini dirongrong dengan munculnya tayangan-tayangan yang mungkin belum layak ditonton oleh anak-anak.

     Namun, Si Unyil, Upin Ipin, Adit & Sopo Jarwo serta Keluarga Somat mungkin bisa jadi pilihan anda para orangtua untuk menjadikannya tontonan bagi anak anda, tapi jangan lupa untuk tetap mengawasi apa yang dilihatnya dari media.Karena apa yang ditonton anak bisa menjadi pemicu bagi si anak melakukan hal sepeti apa yang dilakukan karakter dalam tontonannya tersebut. Begitupun perilaku dan kepribadian anak yang bisa pula tepengaruh oleh tontonan tersebut. Kini pilihan mutlak ada di tangan anda, anda memilih siapa ?

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Unyil_1.jpg
Karakter Upin Ipin
source : kaskus
Karakter Adit & Sopo Jarwo
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:ASJ_karakter.jpg

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Komentar
    Blogger Comments
0 komentar:

Posting Komentar