Menulis Itu Mudah

selamat pagi para pemirsa Gila Blog !!
sekali-kali bolehlah tipsy !!
Tulisan ini pernah saya posting di blog saya yang sudah saya tutup,, yup bisa disebut re-posting.selamat nyimak.

Koleksi Foto Pribadi

Apa yang terpikir dibenak anda saat anda diharuskan membuat sebuah tulisan ?
Syair-syair puitiskah? Rangkaian kata romantiskah? Atau sepenggal kalimat dengan untaian kata berjuta makna ? Bingung ? Kalo begitu sama !!!

Banyak orang bingung ketika dirinya dibebani dengan tema apa yang harus ditulisnya (termasuk saya).Ketika diawal,bingung memilih judul (sudah pasti),nah,kalau kebingungan tersebut berlanjut maka imbasnya ketika memasuki fase penulisan kebingungan tersebut akan berkembang menjadi penghambat kreativitas.Banyak orang (termasuk saya) kadang terlalu sibuk berfikir tentang susunan kata dan sinkronisasi dalam setiap kalimatnya.Kadang adapula yang berfikir Tulisan "gue kok nggak puitis kayak punya orang itu yaa???kira-kira orang mau baca nggak yaa?? ".

Keraguan seperti itulah yang seharusnya dihilangkan ketika kita sedang menyusun sebuah tulisan,baik dengan tema dan keadaan apapun.Sebenarnya dalam poses penulisan,isi tulisan sepenuhnya tegantung pada mood dan keinginan kita (sebagai penulis),kalo anak Jakarta bilangnya gue mau nulis apa ya terserah gue,Loe mau baca ya alhamdulillah,kalo nggak mau baca,itu urusan Loe.

Dalam menulis,imajinasi kita harusnya memegang kendali utama (lihat contohnya,di film harry potter : masa sapu bisa terbang? ), jadi kita nggak terlalu terkekang dengan gaya tulisan kaku (yang ngikutin gaya sok puitis),sok kayak pujangga,dan tulisan yang bikin ribet.Tulis aja apa yang menurutmu gampang,nulis nggak mesti ilmiah kok,tulis aja yang ringan tapi enak dibaca.Orang lagi makan,lagi nyari rumput,orang kagak bisa tidur sampai orang main PS bisa jadi inspirasi buat bahan tulisan.Nulis itu gampang kok asal lagi ada ide dan kemauan buat nyusun ide tersebt menjadi sebah tulisan.Beikut ada beberapa tips bagi yang ingin menulis :
1. PD (Percaya Diri)
Apapun yang akan kalian tulis,berusahalah tetap PD,kalo kalian PD apapun yang kalian tulis akan terasa bernyawa dan terasa lebih hidup.Biarin aja respon orang mau gimana,yang penting kalian udah berani ngungkapin apa yang kalian pendam lewat tulisan.
2. Bikin Tulisan Unik
Cari tema tulisan yang kiranya Blogger/penulis lain jaang menuliskannya seperti guyonan(humor), hantu-hantuan atau yang unik menurut penafsiran kalian sendiri.Jadi jangan ikut-ikutan trend,apalagi dalm menulis.
3. Jangan Nyontek
Kalo nulis jangan CoPas ( Copy Paste),kalau ketahuan nyontek/CoPas ntar kalian bisa dicap plagiat alias nggak keatif bikin karya tulisan.Kalaupun kalian nyontek modifikasilah dan diakhir tulisan berilah keterangan darimana tulisan tersebut diambil.
4. Write is Job
Jadiin nulis sebagai pekerjaan (nggak mesti jadi penulis),maksudnya kalian harus bisa mengkondisikan diri kalian dan membuat menulis itu jadi tanggung jawab kalian.Seolah-olah menulis adalah kebutuhan jiwa kalian,insyaallah kalian akan kecanduan nulis,meskipun nggak jelas apa yang ditulis ( kayak saya)
5.Nyari Teman
Kalo punya tulisan tapi nggak punya teman (apalagi blogger) rasanya hampa,nggak ada yang liat,nggak ada yang komentar,nggak ada yang ngasih saran.Makanya sebisa mungkin carilah teman,utamanya dari dunia blog yang banyak supaya kita bisa numpang eksis.hehehe

Kayaknya cukup segitu aja deh !!! Rasanya  kayak orang ceramah nyang kagak didengerin.bagi yang baru belajar nulis,semangat,jangan minder,maju terus (kalo ada tembok,pintu ama pohon jangan ditabrak,kalo ada lobang,,,,, ya Lompat!!!) kalo ada yang mau gabung di blog saya,yuuk mari tukeran link.

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Komentar
    Blogger Comments
0 komentar:

Posting Komentar