Polisi Cepek, Membantu atau Mengganggu !!

Dilema yang dihadapi kota besar seperti Jakarta beserta kota penyangganya,Bogor,Tangerang,Depok dan Bekasi salah satunya adalah macet yang semakin parah. Volume kendaraan bermotor yang meningkat tajam tiap tahunnya jadi kambing hitam atas kemacetan yang terjadi. Selain volume kendaraan, kondisi jalan pun ikut berpengaruh, bagaimana tidak, volume kendaraan bermotor bukannya turun malah semakin bertambah, tapi jumlah ruas jalan tidak ada penambahan. Masalah pelik lain yang ikut menyertai adalah jumlah kecelakaan bermotor yang terjadi di jalan raya, dan mudah ditebak siapa yang disalahkan publik, yap, pengendara motor. Padahal, tidak semua ruas jalan yang ada, baik di Jakarta ataupun kota-kota penyangga memiliki kondisi yang bagus.

Makin semrawut lah keadaan kota-kota besar ini dengan adanya kendaraan umum yang sembarangan ngetem untuk menarik penumpang. Ambil contohnya kota Tangerang Selatan, selama 3 tahun saya tinggal di kota ini,angkot jadi salah satu biang kemacetan, ditambah pula nampaknya angkot memang susah ditertibkan. Bahkan angkot-angkot ini bisa ngetem berjam-jam di bundaran pamulang yang notabene disamping Polsek Pamulang, dibawah rambu dilarang berhenti pula. Para penyebrang jalan pun ikut andil memperparah keadaan, ada jembatan penyebrangan, tapi dari pertama dibangun sampai sekarang jembatan masih ngangkrak tak terpakai,beruntunglah nasib jembatan ini karena masih sering anak-anak sekolah yang memakainya untuk nongkrong serta opsi tempat pembuangan sampah umum. Masalahnya terkadang ada atau tidaknya zebra cross juga patut dipertanyakan.

Selain berbagai hal diatas, problem kota besar adalah orang-orangnya terlalu kreatif dan peduli ketika mencari nafkah. Lihat saja orang-orang yang mendaur ulang sampah-sampah plastik yang hanyut terbawa sungai dan dijadikannya souvenir cantik nan unik, kreatif kan ?? *oke ini kreatif dan mendidik*

Tak hanya kreatif, kepedulian masyarakat kota patut diacungi 73  empat jempol. Yuk,mari tengok gambar berikut :



tuuh kan, peduli banget bukan ??
kurang peduli apa coba mereka ?? mereka memberikan bantuan kepada penyebrang jalan yang susah menyebrang karena terlalu padatnya jalan di tengah kondisi tidak adanya Polisi Lalu Lintas. Selain itu mereka ikut pula mengatur kondisi lalulintas padat semrawut dan bikin jengah.
Gambar : MetroTV
Keberadaan para polisi cepek pun kadang jadi perdebatan, di satu sisi mereka jadi penolong ketika jalan dalam kondisi macet-macetnya pas pagi dan sore. Siapa sih orang yang nggak mau mobilnya jalan duluan pas lagi macet, pasti semua orang ingin duluan keluiar dari kemacetan,dengan catatan memberi imbalan kepada para polisi cepek. Namun,terkadang justru dari kondisi "wajib imbalan" inilah masalah timbul, ketika sang pemilik kendaraan tidak memberikan uang, tak jarang si Polisi cepek ngomel-ngomel.


yaah namanya juga idup,, ada enak ada paitnya !! 
*namparin narator*

Kehadiran mereka inilah yang memberikan bantuan ditengah krisis jalan raya, Polisi lalulintas dan Petugas dari Dishub terkadang tidak selalu standby di jam-jam padat. Dan sebagai bagian dari masyarakat, saya pun melihat bahwa polisi cepek justru lebih banyak membantu meski tak jarang malah menggangu dan menambah kemacetan.

Mengganggu ataupun membantu semua tergantung persepsi anda.

Rejeki memang sudah diatur oleh Tuhan, tapi kalau hanya ongkang-ongkang kaki apa Tuhan tidak jengah ketika mau mengucurkan Rizki-Nya.   -Naimin, Polisi Cepek tapi nganggur -
gambar diambil dari : http://www.kaskus.co.id/thread/514c22837c12433a2a000018/fenomena-polisi-cepek

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

2 komentar:

  1. di tempatku banyak tuh... malah di p4an tempatku, si polisi beneran malah sering ongkang2 ga jelas gitu, rasanya pengen ku lepar helm tuh polisi.. padahal mau nyeberang p4an susah amiiirrr... polisi cepek baru beraksi kalo ada truk pengangkut pasir karena mereka yg akan membayar.

    BalasHapus
  2. wajar lah mas,, kan polisi cepek emang mengharap imbalan,,
    kalo ada polantas yang begitu,, sebel juga ngeliatnya

    BalasHapus