#15thDays: Festival ala Tangsel

Bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ke-5, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menggelar Festival Situ Gintung 2013 yang berlangsung mulai 23-26 November 2013. Kegiatan yang berlangsung di Taman Wisata Pulo Situ Gintung, Cirendeu Kecamatan Ciputat Timur ini dihadiri ribuan warga dari berbagai wilayah hingga membuat acara ini meriah.

Pembukaan Sigi-fest 2013
Peringatan HUT Tangsel yang dikemas dalam Situ Gintung Festival atau Sigi-fest melibatkan seluruh SKPD dengan program unggulannya masing-masing. Rangkaian acara Sigi-fest diawali Takbir akbar pada hari jumat 22 November 2013 yang mendatangkan dai kondang Subkhi Al-Bughury.Acara yang dihadiri pula oleh para pejabat dan pegawai pemkot serta warga Tangerang Selatan cukup memberi pencerahan bagi segenap hadirin untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada seluruh hamba-Nya.

Hari kedua-Sabtu, acara diawali dengan jalan santai dengan rute dari UMJ ke lokasi Sigi-fest yang kurang lebih sejauh 5 Km. Di hari pembukaan tersebut,suasana di situ gintung dimeriahkan dengan aneka lomba yang melibatkan warga kota Tangerang Selatan. 3 batang pohon pinang yang telah disiapkan untuk acara panjat pinang, dilumuri pelumas dan diiming-imingi hadiah diujung atasnya.Kegiatan semacam ini menarik minat warga untuk membentuk beberapa kelompok dan berjuang memanjat ujung tiang pohon pinang.Kegiatan ini cukup mengundang gelak tawa yang hadir menyaksikan.

Tak mau kalah dengan arena panjat pinang adapula panggung yang terbuka yang menyediakan hiburan berupa group-group band anak muda yang unjuk kebolehan.Kontan saja pertunjukan musik ini mengundang para pengunjung untuk merapat.

Suasana Pengunjung Sigi-fest 2013
Sementara itu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun tak mau ketinggalan memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada yang melayani tanya jawab seputar KB, ada juga yang melayani pembuatan Akta kelahiran dan KTP dan ada pula pelayanan perijinan terpadu. Panitia juga menyediakan stand 3x3 meter yang diisi seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Nantinya masing-masing stand tersebut akan mendapatkan penilaian dari panitia dan ditentukan sebagai stand terbaik.


ilustrasi : kabarkampus.com
Hari berikutnya tak kalah menarik dari hari pertama dan kedua, hari senin ada lomba palang pintu serta lenong. Palang pintu merupakan salah satu tradisi bernuansa betawi yang mendominasi penduduk Tangsel. Palang pintu umumnya digelar pada saat rombongan pengantin pria datang ke rumah calon pengantin wanita di hari pernikahan.
Rombongan pengantin pria harus menjatuhkan jagoan-jagoan silat dari mempelai wanita, perkelahian yang dikemas dengan selingan pantun jenaka cukup mengundang gelak tawa pengunjung karena muatan pantun cukup kocak dan konyol. Setelah jagoan silat mempelai pria dapat menjatuhkan jagoan silat dari mempelai wanita,maka rombongan baru boleh meneruskan perjalanan.

Pada hari yang sama digelar pula lomba lenong dan pada panggung yang lainnya digelar lomba qasidah yang diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan di Kota Tangerang Selatan. Tak kalah heboh dengan Sigi-fest di Ciputat, di pamulang ada jalan santai yang ikut pula memeriahkan HUT ke-5 Kota Tangerang Selatan.





Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

3 komentar:

  1. November ya To. Udah lewat lama ya ternyata. Ga pernah denger euy..

    BalasHapus
  2. hihi,, makanya saya umumkan kang,kalo di tangsel ada festival tahunan buat merayakan hari jadinya, medio oktober-november

    BalasHapus
  3. waahh seru kayaknya, ramai, ada acara panjat pinang juga lagi, hihihi

    BalasHapus