#3rdDays : Nyasar Ke Tangerang Selatan

hari ke 3 menuju #21DaysWritingChallenge, ceritanya ditanyain sama Kang Dani Rachmat gimana bisa mbambung di tangerang selatan. Bingung mau mulai cerita dari mana, dan setelah gue tapa brata gue bakal mulai cerita ini dari SMA kelas 3. capcuus

Januari 2010,
3 bulan menuju kekalutan maksimal gegara mau ujian nasional dan pas waktu itu banyak isu katanya peserta UN akan ditempatkan tidak disekolahnya masing-masing. skip skip skip

April 2010,
Ujian Nasional untuk tingkat SMA dilaksanakan dan ternyata isu yang beredar tidak benar,setelah bermandikan keringat selama 4 hari, UN berhasil dilalui dengan lancar.

Mei 2010,
Pengumuman hasil UN dan gue sangat deg-degan ,ternyat gue dinyatakan ganteng maksimal LULUS.

Masih Mei 2010,
Ujian Nasional udah gue lalui, tapi gue masih galau-galaunya gara-gara bingung mau kemana abis lulus SMA,antara kerja atau kuliah. Pusing 93 keliling dah gue, beruntungnya ada beberapa temen yang senasib sekampretan yang ngajakin gue dan 3 temen gue buat nyari kerja. mulai dari sini petualangan gue sebagai bolang pekerja dimulai !!

Awal Juni 2010,
gue sama temen gue ngajuin lamaran ke BNK (Badan Narkotika Kabupaten) buat jadi tukang nginput data, padahal gue sama temen gue sama sekali nggak ngerti apa-apa tentang komputer. Pas interview malah serasa jadi pelawak gue, karena ditawarin jadi Office Boy (OB) dan gue nolak karena nggak tau apa itu OB, dan yang ngiterviyu gue juga nggak kalah pusing mikir "ini orang maunya apaa". dan fix, gue ama temen gue ditolak.

Masih Awal Juni 2010,
Karena udah beberapa tempat gue datengin di Nganjuk dan selalu ditolak karena nggak punya pengalaman kerja, isenglah gue nyari lowongan pekerjaan yang ada di koran. Bareng 3 temen gue yang juga lagi nyari kerjaan, berangkatlah gue ke Kota Malang,ceritanya ada sebuah perusahaan yang nawari buat jadi staf gudang. Begitu sampe Malang, bukannya ngedatengin tempat kerja, 3 temen gue malah ngajakin wisata ke Air Coban Rondo, tuh kan kampret kan ? karena gue masih berstatus jadi anak muda labil gara-gara nggak punya kerjaan akhirnya gue sanggupin ajakan temen gue berwisata. makin suram lah gue, udah nggak punya kerjaan, pulang dari Malang duit abis, KAMPRET. untungnya emak-bapak gue tipikal orang yang rela berkorban demi kebaikan, karena tahunya gue berangkat "travelling" buat nyari kerjaan, dikasih mulu deh uang sakunya.

Ustad Solmed  : Astaghfirullah, tobat naak,tobat !!
Gue                 : ngapain tad ente disini, buseet,ini mah lahan gue tad, jangan direbut ngapa !!
Ustad Solmed : Lah, bukannya ini escetepe ?
Gue                : kampreeet !!

Pertengahan Juni 2010, 
Gegara ceramah ustad solmed gue jadi tobat, tobat nulis aneh-aneh lagi !!
Setelah perjalanan ke Malang, gue bener-bener jadi pengangguran yang nggak gablek duit sama sekali, bahkan buat sms atau telpon aja nih gue nggak punya pulsa, dan larilah gue ke Warteg, eh wartel. Semenjak kejadian di Malang, gue sering ngobrol ama bapak gue tentang apa yang harus gue lakuin, tetep nyari kerja apa kerja di sawah. Setelah banyak nasihat dari bapak gue, gue tetep ngelanjutin nyari kerja via koran, dan ketemulah lowongan kerjaan di sebuah perusahaan supplier gas Pertamina di Kota Kediri.
Pagi hari di hari berikutnya berangkatlah gue dengan 3 kawan gue yang daritadi ngampretin tapi tetep temen gue ke Kediri. Selama perjalanan gue mikirnya, "waah, enak niih kerja di perusahaan pemerintah,gaji gede, waktu kerja nggak diporsir" ,daan begitu sampai di Kediri gue cuma bisa mangap ternyata perusahaan yang gue tuju nggak terlalu seperti yang gue bayangin. Yang gue kira perusahaan besar dengan karyawan ratusan ternyata cuma CV dengan karyawan sekitar 35 orang. Tapi karena kepepet gue paksain buat masuk interview sama bagian HRD nya, karena gue datengnya gerombolan langsung saja suruh masuk berempat. skip skip skip.. Ceritanya gue di terima masuk perusahaan alias CV tersebut, begitu keluar kantornya, eeh diluar udah ada 2 orang temen satu sekolah gue mau ngelamar juga, gue tungguin mereka di tukang soto ayam, 30 menit setelahnya mereka berdua nyamperin gerombolan gue, katanya diterima juga, Pikiran gue cuma bisa bilang "Enak lah jadi ada temen kerja,lumayan kalo berangkat bisa bareng"  sambil terus ngunyah soto ayam. Daritadi gue udah nyerocos aja, udaah gue kasih tau dah kerjaan gue, gue tuh kerjanya cuma jadi sales kompor,selang gas sama tabung gas, dan kalo beruntung kadang juga ngajarin orang-orang kampung yang lokasinya di pedalaman cara nge gunain kompor gas dengan aman dan bener.

Hari kerja pertama Juni 2010,
Persiapan gue yang udah rapi banget, begitu sampe di CV gue dan 5 orang temen gue di briefing mengenai apa saja kerjaan yang harus diajarin oleh para mentor, catatan : setiap 1 orang dapet 1 mentor, setelah briefing selesai langsung si bapak menejer operasional membagi mentor buat para junior-junior ini. Satu, satu, satu, satu,satu, giliran bagian gue, gue diketemuin sama mentor embak-embak yang lagi hamil 2 bulan, umur siih masih muda sekitar 22 meen. hahaha. Selain mentor yang dibagi-bagi, wilayah operasional juga dibagi, kelima temen gue ada yang dapat wilayah Blitar,Malang,Ponorogo, Tulungagung sama kediri, nah gue dimana pemirsaa, gue di Nganjuk, haha beruntung banget gue hari itu.
Dan dimulailah perjalanan kerja gue, gue kira mentor yang ngajarin junior itu biasanya serem,galak tapi khusus buat mbak-mbak yang satu ini kagak cooy, malah nraktir makan mulu, pas gue tanya kerjaan gue harus ngapain, dia bilang udaah santai aja dulu,ntar kalo udah waktu kerja baru diajarin, dan kayaknnya cuman gue doang yang santai pas hari mentoring itu.
Dan karena mentoring ini pula pas balik ke kantor di Kediri gue kehujanan sepanjang perjalanan dari Nganjuk, kampret bener dah. Itu juga begitu nyampe di kantor bukannya ditolongin, eh malah dicengin ama temen-temen gue, masa iya katanya "abis ngapain aja lu coy ampe mandi keramas segala".

Oke, skip 2 minggu,
setelah gue ngobrol sama temen gue dan nanyain apa aja yang dia kerjain selama mentoring gue jadi pikir-pikir buat ngelanjutin kerja di tempat ini,sampe akhirnya gue putusin buat nggak ngelanjutin kerjaan ini, dan 5 temen gue juga sama, mulai hari itu gue dan 5 temen gue jadi jamaah thoreqot al-pengangguraniyah.

Arah Ke Tangsel manaaa ??

Nggak lama setelah tau gue udah nggak kerja di Kediri, mbah gue bilang kalo ada kerjaan di Jakarta. Kemudian bapak gue ngomong juga masalah kerjaan di Jakarta ini, sepupu yang nawarin kerjaan juga dateng ke rumah buat mastiin kesanggupan gue. Cuma butuh 2 hari buat gue mantebin hati bilang "Iya" dan nyanggupin tawaran dari sepupu gue.

Sabtu,24 Juli 2010, 
Diiringi mata berair dari emak gue, gue berangkat menuju tanah perantauan,selama di dalam bis kalut bener dah hati rasanya.Gue didalem bis sama orantua sepupu gue, dan ternyata diajak mampir ke sragen dulu,baru tanggal 26 gue berangkat dan tanggal 27 pagi sampai di kampung Buaran Tangerang Selatan,bukan Jakarta,dimana ditempat itu keluarga baru gue tinggal dan membangun kampung yang isinya orang jawa. bukan bermaksud menyinggung SARA,tapi karena dikampung itulah gue feel at home.

Rumah adalah tempat untuk segala hal,bahkan kesedihan dan Kebimbangan pun hidup didalamnya. -Anto Agung Pratama-

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

4 komentar:

  1. hahaha perjalanan sung go kong nihhhhhhh
    cari kitab suci ya di tangsel??? piiiiiiiisssss gan. hahaha

    BalasHapus
  2. Hoeeeeee. Sedulur awak dhewe ki sakjane. Bapakku wong nganjuk yoan. :D panjang ceritane To.

    BalasHapus
  3. wiii,, salam paseduluran kang, sejak jaman nabi adam kang dadi sedulur.

    BalasHapus