Selebgram : Antara Narsis dan Berbisnis

Instagram. Siapa yang tidak kenal dengan media sosial yang satu ini? Tak kalah populer dengan Twitter dan facebook, Instagram juga merupakan media sosial yang paling sering diakses oleh para pengguna gadget setiap hari, bahkan ibu negara pun menggunakan media sosial yang satu ini untuk mengunggah foto-foto yang beliau abadikan. Tak salah memang, siapa saja bebas menggunakan haknya untuk memanfaatkan adanya sosial media sebagai personal branding. Bahkan baru-baru ini sektor industri fashion mulai merambah sosial media sebagai pasar mereka dan semakin lengkaplah kampanye mereka dengan adanya campur tangan para selebgram.

Yuk, kita bahas apa itu selebgram.
Selebgram alias selebritis instagram adalah orang-orang yang memiliki follower hingga ribuan. Hampir sama dengan selebtwit yang "memasarkan" diri mereka dengan kicauan, selebgram lebih condong membranding diri mereka dengan foto-foto. Foto apa saja yang masuk kategori untuk menjadi seorang selebgram ? bisa foto apa saja,misalnya fotografi makro, foto hasil karya seperti vektor,termasuk juga foto gaya fashion dan lifestyle.

Maraknya fenomena selebgram ini nampaknya direspon positif oleh para produsen gombal mukiyo alias baju alias pakaian. Lirikan para produsen tentu saja mengacu pada keefektifan pemasaran produk mereka karena dipromosikan lewat sosial media yang menjadi mainan anak-anak muda dan anak-anak tua jaman sekarang. Alur yang mereka gunakan pun cukup simple, pihak produsen terlebih dahulu meng-endorse dan memberikan beberapa jenis pakaian,lantas dikenakan oleh sang selebgram untuk sesi pemotretan difoto dan diposting ke akun instagram mereka. Dengan cara inilah para selebgram menjaring calon pembeli dari sekian ribu followernya,tentu saja tak semua follower bisa nyantol mungkin hanya beberapa. Berdasarkan info dari salah seorang teman saya yang entah nyambi kuliah dan atau entah jadi selebgram, pendapatan perbulannya bisa dikatakan lumayan untuk menandingi gaji saya. Bayangkan saja, perbulan teman saya itu bisa menjual 100-150 potong baju ples hijab, padahal dia hanya sebagai perantara, bukan menjadi produsennya langsung.

Bukan hal mudah memang melakukan seperti apa yang teman saya lakukan, karena insting kepo saya lagi kumat, saya iseng-iseng nanya berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk menghasilkan segitu banyak penjualan,dan ternyata 2 tahun pemirsa, 2 tahun. Awal-awal ia merintis sih katanya susah,namun secara perlahan ia pasarkan lewat berbagai akun sosial medianya dan ternyata itu menarik minat mahasiswi yang pengen mencoba mengenakan pakaian yang ia jual.

Yuk, tengok seperti apa penampilan para selebgram yang telah sukses itu :

aiih, gitarnya bagus euy #salahfokus
@dinidjoemikko

kok mupeng mbak ? #salahfokus #lagi
Qonitah Al-Jundiah

si mbak yang satu ini bingung kayaknya, yuk tak anterin pulang !
@shellaalaztha

ada gitu wafer segede itu ? #salahfokus #lagi #lagi
@shellaalaztha

Dari 4 gambar diatas bisa kita lihat bahwa hijab memang jadi trend dikalangan cewek-cewek sosialita yang nggak pengen terpapar sinar matahari sekalian menjalankan perintah agama buat menutup aurat.
okeh meen, kalau mereka saja bisa jadi selebgram gara-gara masang foto, gue juga bisa, panas gue,panas !!

karena yang pake Hijab udah terlalu mainstream
gue pake sarung+koko+kopiah biar anti mainstream
yang jualan sarung pliis, yang jualan baju koko juga boleh, saya siap lhoo *digamparin unyil*
hahaha,, santai meen,itu foto belum terlalu bikin mual ganteng meen, masih ada yang lain yang bakal bikin lu makin pengen nimpukin ngefans ama gue.

Kerupuk dan Senyuman
Buat yang ngefens ama chelsea dateng aja ke tempat gue, gue pamerin koleksi gue haha..
gimana sahabat NotaGila ? udah cukup alasan buat nimpukin ngefans gue ?
ahaha,apa udah pada mau muntah, jangankan lu,gue aja yang ngeliat poto gue sendiri juga mau muntah.
okeh,sebagai tanda terima kasih gue karena udah buang waktu lu buat baca postingan ini, spesial buat lu yang lagi muntah, *bagi-bagi kresek*



Referensi dan Gambar : http://femaledaily.com/blog/2013/11/25/hijab-inspiration-ragam-gaya-hijab-para-selebgram/

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

8 komentar:

  1. Huahahahaha. Menjual banget To 2 foto di bawah. Menjual obat anti mual tapinyah. *peace!

    BalasHapus
  2. Selebgram... gue juga pengen, sayang wajahnya gak ngijinin..

    BalasHapus
  3. Kang Dani : haha,, gapapa kang lumayan buat sampingan

    Kang Pri : haha, saya aja nggak perlu ijin sama wajah kang,, yang penting anti mainstream

    BalasHapus
  4. hahaa,, ini adalah gaya codot sarungan !!!

    BalasHapus
  5. wkwkwkwk.... keren juga kalo selebgram sarung :))

    BalasHapus
  6. haha,, karena hijab udah terlalu mainstream

    BalasHapus
  7. huaha.. ane lbih tertarik ma jketnya tuh dari pada kerupuknya :D

    BalasHapus