#6thDays : Perjuangan Membangun Komunitas

Genap lima pekan sudah saya mengikuti event Liga Blogger Indonesia, banyak hal saya temui dalam event blogging yang satu ini. Namun mata saya terfokus memandang bagaimana komunitas dotSemarang membangun event ini sejak awal tahun 2013 lalu. Dari beberapa posting yang saya baca di blog mas Asmari, kegalauannya berisi tentang bagaimana jerih payahnya membangun komunitas dotSemarang yang mulai loyo di tahun 2014. dan dari isi blognya lah tulisan ini terinspirasi.

Tak mudah memang membangun dan menjalankan sebuah komunitas, bahkan dalam jangka terpendek sekalipun. Komunitas yang solid adalah yang mampu menampung aspirasi anggotanya yang beragam, dan yang terpenting dari komunitas adalah sifat yang konstruktif.

Dapat ditebak, ketika awal berdirinya sebuah komunitas semua anggota yang memiliki kesamaan visi dan misi begitu besemangat dan seolah tak ada yang bisa menghentikan. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah mengkhayalkan akan jadi apa komunitasnya satu atau dua tahun kedepan. Agak naif memang, akan tetapi dalam kondisi pemikiran setiap orang yang berbeda-beda bukan hal aneh jika khayalan dan impian semacam itu mewarnai perjalanan berdirinya sebuah komunitas.

Berbicara mengenai komunitas Blogger, bulshit jika saya menuliskan bahwa saya ikut membangun sebuah komunitas. KBBC dan Blogger Kota Angin adalah 2 tempat yang saya singgahi untuk bernaung dalam dunia perbloggeran. Dalam 2 komunitas itu saya hanya menjadi anggota ketika komunitas itu telah berdiri dan siap menapaki jalan. Lantas apa yang patut saya banggakan, ya itu tadi semangat untuk berkoar-koar melalui media yang bebas namun meiliki batas.

Pernah satu kali saya membangun sebuah komunitas atau lebih layak disebut membangun kembali komunitas yang telah ada sebelum saya datang. NGBC (New Generation of Balongrejo Community) adalah komunitas yang ingin saya bangun kembali dengan nama baru dan semangat baru. Komunitas ini sebelumnya adalah komunitas yang menaungi para penghobi motor perantau dari satu kampung yang sama. Namun karena ditinggal oleh para anggotanya yang telah berkeluarga dan berpindah tempat kerja, komunitas yang sebelumnya begitu jaya ini perlahan-lahan mulai surut hegemoninya. Sebenarnya tak ada yang spesial dari komunitas ini, toh saya juga nggak sebegitu hobi dengan motor, saya hanya merasa seiring adanya perubahan generasi maka komunitas ini harus tetap berjalan guna menaungi anggota baru dari generasi baru.

Satu bulan, dua bulan hingga satu tahun pertama komunitas ini berjalan dengan tanpa ada halangan berarti. Pelaksanaan kegiatan seperti touring,agenda komunitas,pertemuan sekali dalam sebulan benar-benar membantu berjalannya komunitas ini menjadi semakin solid. Bukan perjuangan namanya jika tak ada halangan, kendala tempat bekerja setiap anggota yang berbeda mulai membuat komunitas yang saya impikan ini goyah. Pondasi yang saya dan kawan-kawan bangun dari awal perlahan-lahan mulai keropos digerogoti masalah. dan mulai dari sinilah awal keruntuhan dan awal kekompakan sebagian komunitas terbangun, bagi yang mulai meruntuhkan diri dengan alasan jauhnya tempat bekerja dengan tempat berkumpulnya komunitas kami biarkan sejenak "keluar" ,namun tak menutup pintu silaturrahim mereka. dan bagi yang mulai terbangun solidaritasnya akan adanya komunitas ini tetap melanjutkan perjuangan yang telah dirancang sejak awal.

Logo NGBC


Aah bukan, bukan ,saya bukan bermaksud meremehkan peran kawan-kawan yang lain,saya melihat potensi mereka dalam setiap kegiatan sangat besar, hanya saja mereka masih malu-malu untuk mengeluarkan potensi mereka. Di tahun kedua ini banyak perubahan dari anggota NGBC, hampir semua anggota memiliki laptop,entah apa tujuan penggunaannya saya melihat sisi positifnya saja semoga dengan adanya laptop ditangan mereka tidak membuat mereka menjauhi dunia nyata.
Dan ditahun kedua ini pula saya ingin mengajak mereka yang memiliki hobi dan kemampuan menggambar untuk memanfaatkan kemampuannya dan semakin memperdalam dengan lebih banyak belajar.

Jika sesuai yang diatur Gusti Allah, insyaallah NGBC akan mulai membangun kembali jalan komunitas yang sempat terseok-seok di tahun kemarin. Yah,semoga !!


Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

4 komentar:

  1. Ada gak ya komunutas blogger di sidoarjo?

    BalasHapus
  2. Maju terus dgn komunitasnya Mas.
    Salut dgn upaya dan kerja kerasnya untuk terus memajukan komunitas.
    Salam persahabatan dari saya di Bekasi.

    BalasHapus
  3. Mbak Nunu : ada kayaknya mbak,, cuman saya yang kurang tahu,, hehe

    Kang Ujang : siap kang,, semoga komunitas yang saya prakarsai bisa berjalan dengan lancar,, ada sekitar 6 orang kang yang di komunitas saya kerja di daerah cikarang,,
    salah hangat dari pamulang,Tangerang Selatan

    BalasHapus
  4. wih mantep ^^

    sukses terus untuk komunitasnya :)

    BalasHapus