#20thDays: Sosok Pemimpin

Sebuah negara besar tentulah memerlukan waktu yang panjang untuk mendapat pengakuan dari bahwa memang benar ia adalah besar. Dalam konteks negara, tak hanya pemerintahan yang dituntut untuk bisa mengembangkan serta memajukan negaranya dalam dunia internasional,tetapi rakyatnya pun ikut berperan. Usaha seperti itulah yang nampaknya telah mengendur dari hati bangsa Indonesia, semangat membangun negara yang telah dikobarkan semenjak 69 tahun lalu kini mulai luntur. Semua pihak saling menyalahkan, pemerintah menyalahkan rakyatnya karena dianggap kurang motivasi dan kurang kreatif, rakyat menyalahkan pula pemerintahannya yang monoton serta bermandikan KKN.

Ketika kondisi sudah seperti saat ini, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tegas,berwibawa dan memiliki semangat juang. Dan menurut pandangan saya inilah sosok yang tepat menggambarkan kebutuhan tersebut :

Hiruma Yoichi tokoh fiksi dalam anime jepang Eyeshield 21 yang dalam seminggu ini saya tonton berulangkali, benar-benar memenuhi ruang khayal saya. Bagaimana tidak, sosoknya yang ganas dan galak ketika dihampiri permasalahan mengingatkan saya akan sosok Bung Karno,sang Bapak Proklamator. Tak hanya itu, sosok Hiruma juga pandai melihat dan menilai keahlian seseorang sehingga ia bisa mengumpulkan anggota untuk klub American Footballnya,Deimon Devil Bats, dari berbagai macam karakter manusia. Begitu pula Bung Karno, ketika detik-detik menjelang proklamasi kemerdekaan beliau berhasil mendamaikan kisruh antara golongan tua dan golongan muda. Ciri khas hiruma yang seperti "Iblis" benar-benar menggambarkan betapa pandainya ia ketika perang urat syaraf dengan lawan-lawannya, Bung Karno pun begitu, coba cari orang mana yang bisa membuat John F. Kennedy menyembah-nyembah meminta anak buahnya dibebaskan. Dan makin sama penilaian saya terhadap keduanya bahwa mereka adalah sosok yang membangkitkan semangat orang-orang yang ada disekitarnya.


Tak hanya mirip karakternya dengan Bung Karno, sosok kepemimpinannya pun mengingatkan saya akan semua sosok presiden RI. Menurut sudut pandang saya, Hiruma adalah sosok visioner dan berpikir 1000 langkah kedepan,sama kan dengan sosok Jenderal Soeharto sang Presiden Ri kedua ? ditengah badai krisis ekonomi sepeninggal Soekarno, sang Jenderal berhasil membentuk pemerintahan baru dan berhasil menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya, selain itu Soeharto pula yang mencanangkan REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun) dan berhasil mengubah wajah Indonesia dari keterpurukan. Tak hanya itu, kepandaiannya mengatur strategi pertanian membuahkan hasil Indonesia swasembada pangan.

Yang membuat saya selanjutnya menyamakan sosok Hiruma dengan BJ Habibie adalah segi kecerdasan yang dimiliki keduanya. Hiruma sosok cerdas yang mengatur berjalannya tim Deimon Devil Bats, dan BJ Habibie adalah sosok cerdas di bidang teknologi yang dimiliki Indonesia, sosok yang berhasil menggebrak dunia melalui pesawat yang dirancangnya.

KH Abdurrahman Wahid, presiden keempat RI adalah orang yang dianggap banyak kalangan mempunyai jalan pikiran nyeleneh,namun banyak pula orang yang menghargai buah pikirnya yang mengakui keberadaan etnis tionghoa. Pun begitu dengan Hiruma, pikirannya pun aneh dan sulit ditebak ketika menentukan jenis latihan untuk timnya, ada death march,ada death climb dan death game, semuanya aneh dan berat namun pada akhirnya membawa kebaikan.

Megawati Soekarnoputri, sosok yang galak ketika diatas mimbar namun menaungi para kadernya selalu beliau tunjukkan, soal kecintaannya terhadap negara tak perlu ditanyakan lagi, Ayahnya adalah sang bapak proklamator. Nah apa yang membuat saya berani mengimplikasikan sosok beliau dengan Hiruma ? yap,sama-sama galak pada waktu tertentu,namun mencintai apa yang dibelanya.

Last but not least, Dari kelima sosok presiden sebelumnya saya rasa hanya pak SBY yang hampir-hampir mendekati karakter Hiruma dan paling cocok saya anggap sebagai pemimpin. Mental kedua orang ini adalah mental baja anti peluru, lihat saja Hiruma yang tertekan ketika menghadapi Kid dari Seibu Wild Gunmen, kehebatannya dipertaruhkan untuk melawan Kid dan mentalnya pun diuji berat. Hampir sama, pak SBY saya anggap orang paling kuat mentalnya di Indonesia, masih ingatkan dengan demo di bundaran HI yang membawa kerbau bertuliskan SBY, beliau tak marah,hanya prihatin.

Selain mental, hampir mirip dengan Soeharto proyek-proyek yang dirancang oleh SBY adalah proyek jangka panjang, sehingga penerusnya tak perlu repot menggarap konsep lagi. Tipikal presiden keenam RI ini adalah orang yang jarang marah, tapi sekalinya marah anak-anak yang tidur ketika beliau pidato pun ditegurnya, dan inilah yang membedakannya dengan Hiruma yang selalu ngomel-ngomel.

Jadi, menurut pandangan saya, sosok Hiruma adalah orang yang tepat memimpin RI,sayang dia hanya karakter animasi. Padahal tak perlu diragukan kecintaannya akan suatu bidang bisa menular akan kecintaannya terhadap negara. Dan besar harapan saya pemimpin RI berikutnya adalah sosok yang bisa meneruskan perjuangan generasi pemimpin sebelumnya tanpa merusak dan meninggalkan warisan dari pendahulunya.

Penasaran kan dari awal saya ngoceh tentang sosok hiruma, tonton langsung >> disini

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

2 komentar: